Kamis, 02 April 2015

Dari A - Z : Serba - Serbi Palembang Bersama Wisata Lokal




Pulang kuliah, nyasar di Jembatan Ampera #SalahNaekAngkot
Sumber : Dok. Pribadi



21 tahun sudah saya tinggal di kota yang dulunya terkenal akan aksi kriminalnya, dan kekumuhan kotanya sekarang sudah berubah 180 derajat. Palembang semakin dilirik karena potensinya yang luar biasa dari berbagai sektor terus meningkat. Salah satunya dalam hal potensi wisata. Sejak launching program Visit Musi pada tahun 2007, jumlah wisatawan yang berkunjung ke kota Palembang terus meningkat baik domestik maupun mancanegara. Banyak hal yang akan membuat anda kagum dengan kota Palembang, mau tahu apa saja ?

Jembatan Ampera
Sumber : klik disini
A – Ampera – Kalau di San Fransisco ada Jembatan Golden Gate, di Indonesia juga ada  Jembatan Ampera. Ampera merupakan Jembatan yang dibawahnya dialiri Sungai Musi menghubungkan antara wilayah hulu dan hilir. Ikonik kota Palembang ini berlokasi tepat di pusat kota sehingga mudah dijangkau menggunakan transportasi umum.Jembatan bisa dikatakan POINT OF INTEREST yang paling yahuuud di Kota Palembang, karena bermula dari Jembatan Ampera banyak tempat - tempat menarik yang ada di sekitar Ampera dan transportasi dari berbagai arah untuk menuju tempat wisata lain. Hal yang menjadi keistimewaan jembatan ini adalah bagian tengahnya yang dapat diangkat bila ada kapal besar yang melintas, namun sejak tahun 1970, karena alasan mengganggu arus lalu lintas di atas jembatan, aktivitas naik turun bagian tengah jembatan tidak dilakukan lagi. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke Jembatan Ampera adalah sore hari menjelang malam, disamping menghindari terik matahari, Lampu – lampu hias akan menghiasi Jembatan Ampera sehingga tampak cantik.

Benteng Kuto Besak
Sumber : klik disini
B – Benteng Kuto Besak (BKB) – Berlokasi tidak jauh dari Jembatan Ampera karena letaknya yang persis di tepi sungai Musi. BKB pada awalnya dibangun untuk pertahanan dari serangan kaum penjajah dari eropa waktu masa pemerintahan  Kesultanan Darussalam Palembang. Sekarang BKB semakin berbenah, dan didalamnya bermarkas kantor Kesehatan Kodam II Sriwijaya dan Rumah Sakir Dr. AK. Gani dibelakang BKB. Masih disekitar kawasan BKB terdapat area luas yang biasa digunakan ajang rekreasi sore keluarga ditepian sungai Musi. Terkadang kawasan ini juga dijadikan tempat perhelatan besar seperti konser, pameran, dan pesta rakyat lainnya.  Jangan lupa untuk mencoba mi tek tek yang banyak dijual di sekitar area ini. Beberapa restoran waralaba pun mulai banyak bertebaran ditempat ini..

C - Celimpungan – Tak lengkap rasanya liburan tanpa mencicipi makanan khas setempat. Beralih ke makanan khas kota Palembang, di kota ini kita akan menemukan makanan berkuah santan yang cocok dijadikan kudapan santai. Sesuai namanya, tepung terigu, sagu, dan ikan akan dicampur menjadi adonan bulat – bulat yang kemudian di ‘cemplungkan’ ke dalam air mendidih hingga matang. Celimpungan disajikan dengan kuah santan dengan taburan bawang goreng diatasnya.

D – Delapan Jam – Masih dengan kekayaan kuliner Kota Palembang, delapan jam merupakan nama dari sejenis kue tradisional khas Kota Palembang. Mungkin kue ini merupakan kue yang paling lama proses pembuatannya di dunia karena pada tahap pengukusan kue ini akan menghabiskan waktu selama delapan jam. Karena keunikan inilah kue delapan jam biasanya dibuat dan disajikan pada hari – hari besar seperti hari raya idul fitri dan tahun baru cina (imlek). Bila tidak sempat membuatnya, kawasan pasar cinde dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mendapatkan dan mencicipi kue fenomenal ini.

Aneka jenis pempek
Sumber : klik disini
E – Empek – empek – Secara penyebutan lebih dikenal pempek. Siapa yang tidak mengenal pempek ? Mungkin anda tidak sedang berada di Indonesia bila tidak mengengal pempek. Panganan khas Kota Palembang ini sangat mudah dijumpai di berbagai sudut kota, mulai dari restoran, warung, hingga yang menjajakannya dengan bakul atau sepeda. Pempek mempunyai berbagai varian seperti pempek ada’an (bulat), pempek kulit, pempek tahu, pempek telur, pempek lenjer, pempek keriting dan pempek kapal selam (bentuk lain dari pempek telur namun dengan ukuran yang lebih besar). Saus cuka yang merupakan komplementer wajib saat menikmati pempek. Cara unik orang Palembang makan pempek adalah dengan menggunakan tangan, menggigit pempek terlebih dahulu, kemudian mensluprut saus cuka secara perlahan, yaaameeeeehhhhh...

Bundaran Air Mancur
Sumber : klik disini
F – Fountain Kalau di Jakarta ada bundaran HI, di Palembang juga ada bundaran air mancur yang terletak di jantung kota Palembang. Hal ini dikarenakan posisinya yang berhadapan dengan Masjid Agung dan Jembatan Ampera. Bundaran air mancur ini mengalami renovasi setelah diadakannya perhelatan SEA GAMES 2011 di kota Palembang dan sekarang ditetapkan sebagai Tugu air mancur SEA GAMES, bermotif songket yang dilengkapi tugu bendera anggota ASEAN mengitari air mancur. Tempat ini biasa dijadikan meeting point atau sekedar bersantai menikmati udara malam di tempat ini karena lampu hias warna warni akan menghiasi tugu air mancur ini pada malam hari sehingga lebih sedap dipandang.

G – Graha Teknologi Sriwijaya – Graha Teknologi Sriwijaya (GIT) merupakan science center yang ada di kota Palembang. Berlokasi di kawasan Jakabaring Sport Center, GIT menyajikan berbagai macam alat peraga interaktif dalam pemahaman mengenai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) sehingga mempelajari IPTEK akan terasa lebih menyenangkan dan berkesan.

Hutan Wisata Punti Kayu
Sumber : klik disini
H – Hutan Wisata Punti Kayu – Kota Palembang pernah meraih piala Adipura selama 5 tahun berturut, salah satu alasannya adalah karena keberadaan hutan di tengah kota. Berlokasi 5 KM dari pusat kota, hutan ini dipenuhi dengan pohon pinus rindang. Di dalamnya juga terdapat beberapa wahana seperti kebun binatang, perahu bebek, kolam renang, dan lain – lain. Sebagai sarana rekreasi keluarga. Berpiknik di tempat ini akan menyenangkan karena tempatnya yang teduh. Namun sangat disayangkan kini punti kayu kurang mendapat perhatian lebih oleh pengelola setempat karena kebersihannya yang kurang terjaga.

I – IT Store – MDP IT Store merupakan pusat perbelanjaan barang – barang elektronik terbesar yang ada di kota Palembang dengan gedung 8 lantai. Lokasinya yang strategis mudah dijangkau dengan kendaraan umum seperti Trans Musi.

Opening Asean University Games XVII,
Sumber : Dok. Pribadi
J – Jakabaring Sport City – Kota Palembang terus menerus menjadi pusat perhatian baik nasional maupun internasional. Kota Palembang mengalami perkembangan yang begitu cepat dari banyak sektor beberapa tahun kebelakang, salah satunya dalam hal fasilitas olahraga. Di komplek ini terdapat Stadion Bola Utama Kesebelasan Sriwijaya FC . Keseriusan pemerintah kota Palembang berhasil membuat Palembang berhasil mewakili Indonesia untuk menjadi tuan rumah berbagai ajang olahraga seperti ASEAN GAMES pada tahun 2011, Islamic Solidarity Games (ISG) pada tahun 2013, dan terakhir Asean University Games (AUG) pada tahun 2014. Di dalam komplek ini terdapat berbagai fasilitas arena olahraga yang sudah berstandar internasional. Jakabaring menjadi salah satu tempat favorit untuk jogging pagi hari karena tidak banyak kendaraan yang lalu lalang, dan suasana yang masih tenang dan cukup asri.

Kambang Iwak Park
Sumber : klik disini
K – Kambang Iwak -  Setelah keberadaan Punti Kayu yang menjadi alasan kota Palembang meraih piala Adipura, Kambang Iwak merupakan alasan selanjutnya. Setelah keberadaan Punti Kayu yang menjadi alasan kota Palembang meraih piala Adipura, Kambang Iwak merupakan alasan senajutnya. Kambang Iwak merupakan Taman tengah kota yang di desain sedemikian rupa sehingga tampak modern, dan rindang. Terdapat jogging track yang mengelilingi kambang (sejenis waduk) dengan air mancur ditengahnya. Setiap weekend biasanya akan ada acara senam pagi bersama seperti Senam Kesehatan Jasmani (SKJ) dan Senam Jantung. Tidak jarang tempat ini dijadikan tempat berkumpulnya berbagai komunitas – komunitas anak muda yang sifatnya penyaluran hobi. Selain jogging track terdapat fasilitas mini gym yang dapat digunakan oleh siapapun. Bila haus, water tap tersedia di beberapa sudut untuk menghilangkan dahaga.

L – Lakso – Panganan khas lainnya yang berasal dari kota Palembang adalah Lakso. Berbahan dasar tepung beras dan tepung sagu sehingga terasa sedikit kenyal yang dibentuk seperti mi, kemudian disajikan bersama kuah santan dengan taburan bawang goreng diatasnya.

Foto jadul waktu SMA mengunjungi Monpera
Sumber : Dok. Pribadi
M – Museum – Museum dapat dijadikan wisata untuk mengenang persitiwa bersejarah. Museum Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera) merupakan monumen yang letaknya tidak jauh dari Jembatan Ampera dan tepat bersebrangan dengan Masjid Agung. Monumen ini menggambarkan bagaimana perjuangan rakyat Palembang dalam mengusir penjajahan Jepang yang terkenal dengan perang lima hari lima malam. Di dalam monumen ini tersimpan berbagai senjata yang digunakan perang saat itu. Untuk melihat peninggalan sejarah lain, beberapa museum lain di Kota Palembang dapat menjadi pilihan diantaranya Museum Balaputra Dewa dan Museum Sultan Mahmud Badaruddin II yang menyimpan banyak barang – barang tradisional khas Sumatera Selatan, replika prasasti dan arca kuno peninggalan kerajaan Sriwijaya dan berbagai katergori lainnya.

N – Nasi Gemuk – Sepintas panganan ini seperti nasi uduk bagi kebanyakan orang. Dari segi rasanya pun sama seperti nasi uduk. Namun yang mebuatnya berbeda adalah komplementernya. Bila nasi uduk menggunakan kerupuk emping, nasi uduk menggunakan kerupuk biasa dengan pelengkap lainnya seperti bihun goreng, tempe orek, dan irisan telur dadar. Untuk proses pembuatannya tidak ada yang berbeda dengan nasi uduk. 

Mencoba wahana Banana Boat
Sumber : Dok. Pribadi
O – OPI – Masih di kawasan Jakabaring Sport City, OPI merupakan komplek perumahan yang terdapat di kawasan ini. DI sekitar komplek terdapat  danau buatan yang cukup luas dan airnya yang jernih. Berbagai aktivitas air biasa dilakukan disini seperti bermain perahu bebek, dan banana boat. Danau ini juga menjadi tempat latihan dan pertandingan olahraga air. Tidak jauh dari danau terdapat OPI Waterfun yang merupakan salah satu wahana air terbaik di Palembang. OPI Mall dan Lippo Plaza Jakabaring merupakan pusat hiburan  dan belanja yang ada di kawasan ini.

P – Palembang Sport Convention Center (PSCC) – PSCC dapat dikatan venue terbaik kota Palembang saat ini. Lokasinya di pusat kota sehingga mudah dijangkau. PSCC merupakan hasil renovasi Gedung Olahraga Sriwijaya (GOR) dalam menyambut perhelatan ASEAN Games 2011. PSCC tidak hanya digunakan untuk event olahraga seperti pertandingan bola volly dan basket, karena PSCC hingga kini dapat mengakomodir berbagai event seperti konser, workshop, teater, orkestra, wisuda, wedding, seminar, dan lain – lainnya. Perhelatan akbar baru – baru ini adalah Festival Film Indonesia (FFI) yang sukses digelar 2014 lalu, dimeriahkan oleh hingga 450 artis ibu kota. Namun, yang menjadikan PSCC terus meningkat pengunjungnya adalah PSCC terintegrasi langsung dengan Palembang Icon (PI) yang merupakan Life Style Mall pertama di Kota Palembang.

Q – (Al)Qur’an – Bagi yang beragama islam, dapat mengunjungi Masjid Agung yang lokasinya tidak jauh dari Jembatan Ampera dan bersebrangan dengan Monpera. Masjid terbesar di Kota Palembang ini tidak hanya memiliki  desain bangunan yang futuristik karena perpaduan antara Melayu, Cina dan Arab, karena didalamnya juga menyimpan Al-Qur’an terbesar di dunia yang menurut informasi dalam proses pembuatannya menghabiskan 40 meter kubik kayu dengan pahatan yang luar biasa indah.

Makan Siang di Pelataran Rumah Limas
Sumber : Dok. Pribadi
R – Rumah Adat -  Komplek Dekranasda di kawasan Jakabaring dapat dijadikan alternatif untuk melihat berbagai jenis bentuk replika rumah – rumah adat versi modern yang ada di Sumatera Selatan. Salah satunya yaitu rumah limas yang merupakan rumah adat khas Sumatera Selatan. Selain itu juga terdapat rumah adat umum yang berasal dari berbagai Kabupaten di Sumatera Selatan.

S – Sungai Musi – Sungai yang membelah hulu dan hilir ini membentang hingga 750 KM dinobatkan sebagai sungai terpanjang di Sumatera. Sungai ini akan berakhir ke Selat Bangka. Sungai ini menjadi pusat perdagangan terbesar di kawasan Asia pada masa Kerajaan Sriwijaya maka tidak heran banyak pedagang – pedagang dari luas datang kesini, terutama pedagang dari Cina. Keunikan lainnya dari Sungai Musi adalah terdapat pulau yang terbentuk secara alami karena endapan tanah yang disebut Pulau Kemaro. Pulau Kemaro dapat ditempuh dengan menggunakan getek (perahu tradisional), speed boat, bahkan sekarang sudah bisa ditempuh dengan berjalan kaki karena sudah dibangunnya jembatan penghubung untuk menuju pulau kemaro. Pulau Kemaro sangat lekat akan kisah cinta antara pemuda Cina yang tertarik dan ingin menikahi gadis setempat. Singkat cerita, kisah cinta mereka berakhir kandas karena pemuda Cina dan kekasihnya tersebut mati tenggelam di Sungai Musi.Pulau Kemaro akan sangat ramai dikunjungi terutama saat perayaan Imlek dan Cap Gomeh. Terdapat Pohon Cinta yang konon bila sepasang kekasih mengukirkan nama mereka disitu maka mereka tidak akan terpisahkan selamanya. Selain pulau kemaro, beberapa objek wisata lainnya di tepian sungai musi seperti Pasar 16 Ilir, Rumah Rakit, Pabrik Pupuk PT. PUSRI, dan Pantai Bagus Kuning.

Museum Sriwijaya
Sumber : Dok. Pribadi
T – Taman Situs Purbakala Karanganyar – Kota Palembang menyimpan sejarah besar akan kejayaan kerajaan Sriwijaya pada zamannya. Taman Situs Purbakala Karanganyar yang berlokasi di Tepian Sungai Musi, tepatnya di kecamatan Gandus. Tempat ini dipercaya sebagai lokasi dimana kerajaan Sriwijaya berdiri karena ditemukannya beberapa prasasti peninggalan kerajaan Sriwijaya, seperti prasasti Kedukan Bukit yang diletakkan di pendopo di tengah – tengah taman. Di tempat ini terdapat Museum Sriwijaya yang menyimpan informasi situs dan temuan Kerajaan Sriwijaya di Kota Palembang. Karena tempatnya yang teduh, dan luas, area ini biasa dijadikan arena outbound oleh anak – anak SMA yang sedang mengikuti masa Pendidikan Dasar (Diksar) ekstrakulikuler di sekolahnya.






Kampus Utama UNSRI
Sumber : Dok. Pribadi
U – UNSRI – Universitas Sriwijaya – Universitas Sriwijaya merupakan salah satu PTN terbaik di Indonesia dan nomor 1 terbaik di Sumatera diikuti Universitas Andalas (UNAND) di Padang, dan Universitas Sumatera Utara (USU) di Medan dimana saya menuntu ilmu. Kampus utama berlokasi di Kabupaten Ogan Ilir, Indralaya, dan kampus extension yang berlokasi di Palembang. 

V – Venice of The East – Palembang dari dulu memang terkenal dengan sebutan kota venesia dari timur. Hal ini dikarenakan kota kanal yang terkenal di wilayah eropa tersebut mengandalkan transportasi air, gondola, untuk meningkatkan jumlah wisatawan. Begitu juga di Palembang, dengan menyusuri aliran Sungai Musi, wisatawan dapat menaiki perahu getek untuk mengunjungi beberapa spot terkenal seperti Pulau Kemaro dan Kampung Kapitan, atau sekedar berkelilingi menyusuri sungai menikmati pemandangan aktivitas sehari – hari masyarakat setempat. Oh ya , sempatkan untuk menikmati aneka makanan yang di jual di warung apung, tersebar di beberapa titik pinggiran Sungai Musi

Amanzi Water Park
Sumber : klik disini
W -  Waterboom -  Untuk sarana rekreasi air moderen untuk keluarga, Palembang mempunyai beberapa alternatif waterboom pilihan. Misalnya Amanzi Water Park yang berlokasi di kawasan komplek perumahan Citra Grand City yang mempunyai konsep wahana hutan rimba afrika yang akan memberikan pengalaman seru untuk rekreasi air bersama teman – teman atau keluarga. Selain Amanzi, ada OPI waterfun yang berada di kawasan perumahan OPI di Jakabaring, dan Fantasy Island yang berlokasi di Jalan Sriwijaya KM.15 tidak hanya menyediakan wahana bermain air akan tetapi wahana lain seperti kereta gantung, dan arena gokart, dan perahu bebek juga tersedia.

Palembang Icon Mall
Sumber : klik disini
X – (E)Xtra Time – Percayalah, anda akan butuh waktu tambahan untuk berlibur di kota Palembang. Karena masih sangat banyak spot – spot keren yang belum dikunjungi misalnya Taman Bukit Siguntang, Museum Tekstil, Kawah Tengkurep, Kampung Arab, Bagus Kuning, Pusat kerajinan songket, Sungai gerong, belum lagi pusat – pusat perbelanjaan dan Mall seperti Palembang Indah Mall, Palembang Square, Palembang Trade Center, Lippo Plaza Jakabaring dan masih banyak tempat lain yang wajib dikunjungi. Anda mungkin akan mengagendakan liburan kembali ke Kota Palembang untuk mengunjungi tempat yg belum dikunjugi. Apabila anda mengunjungi Palembang saat menjelang hari kemerdakaan RI, maka akan ada perlombaan perahu bidar yang diadakan di Sungai Musi.

Y – Yawn – You should yawn after touring in this town. Mulai bersiap mengemaskan pakaian, tidak lupa oleh – oleh khas Palembang untuk dibagikan ke teman – teman dan keluarga.


Z –ZzZzzzZ – Terdengar suara mendengkur yang cukup keras karena anda benar –benar kelelahan setelah beberapa hari mengelilingi Kota Palembang. Beristirahatlah agar keesokan harinya pulang kerumah dengan perasaan yang gembira dan siap menjalani rutinitas kembali



34 Provinsi, dengan 13.466 Pulau, yang tersebar dari sabang hingga merauke, kekayaan flora, fauna, dan kebudayaan yang beragam, itula Indonesia, yang akan menarik bila kita berpetualang ke berbagai tempat disana. Setali tiga uang, disamping bertambahnya minat traveller terutama untuk kalangan muda yang menjadikan travelling menjadi sebuah kebutuhan, membuat banyak pengembang aplikasi berbasis mobile berlomba - lomba menciptakan sebuah aplikasi yang bertujuan penggunanya untuk menemukan banyak informasi terkait tempat - tempat yang menarik untuk dikunjungi. Indonesia, dengan kekayaan ragam sosial, budaya, dan keindahan alamnya, akan sangat menarik bila setiap sudutnya dijelajahi. Eits, jangan lupa setelah kalian liburan jangan lupa untuk share cerita kalian ke aplikasi Wisata Lokal agar semua orang dapat memperoleh informasi tempat liburan apa saja yang telah kamu kunjungi. Apa itu Wisata Lokal ?



Wisata Lokal disini adalah sebuah aplikasi yang bisa dipakai di smartphone atau tablet lainnya yang mendukung sistem operasi Android atau Windows Phone (iOS sedang dalam pengembangan). Aplikasi ini sangat bermanfaat terutama buat para backpacker yang ingin mengunjungi tempat - tempat menarik dan eksotis lainnya di seluruh wilayah Indonesia dari sabang hingga merauke. Ada banyak keunggulan yang bisa kita rasakan dengan menggunakan aplikasi ini. Apa saja keunggulannya ? sebelum mengetahuinya, download dan pasang terlebih dahulu aplikasi Wisata Lokal di smartphone-mu, untuk Android bisa di-download melalui Playstore dan untuk Windows phone bisa di-download melalui Windows Store. Berhubung saya menggunakan Android, maka saya men-donwload melalui Playstore Sudah dipasang? Now #WisataLokalinYourHand, let's start to explore this application ! Selama penggunaan Wisata Lokal, beberapa hal yang saya rasakan manfaatnya, apa saja itu ? sebelumnya yuk nonton dulu, saya telah membuat video singkat mengenai Aplikasi Wisata Lokal check it out
 :
           Sebagaimana yang kita ketahui, informasi dapat diperoleh dari berbagai sumber seperti buku, internet, bahkan hingga cerita dari pengalaman seseorang. Namun kita terkadang bingung karena begitu banyaknya referensi sehingga membuat kita bingung untuk menyimpulkan sebuah informasi. Dalam hal ini, Wisata Lokal merupakan aplikasi yang membantu saya dalam mendapatkan informasi terkait tempat – tempat wisata yang ada di berbagai tempat di Indonesia. Aplikasi ini berkerja dengan cara memahami terhadap informasi apa saja yang diinginkan penggunanya, kemudian mengelompokkannya dengan desain yang menarik sehingga mudah dipahami.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, banyak hal dalam memperoleh informasi, salah satunya yaitu melalui internet. Kebiasaan saya untuk memperoleh informasi tertentu adalah dengan berlangganan dan mem-borkmark semua link yang memuat informasi terkait tempat – tempat wisata. Tentu hal ini cukup merepotkan karena saya harus mengakses link demi link untuk memperoleh informasi dengan membuka banyak tab. Belum lagi terkadangan informasi yang diberikan tidak selalu konstan, artinya informasi – informasi yang tidak ada hubungannya dengan wisata pun di bagikan.





Di sela – sela kejenuhan baik itu di rumah atau di kampus bahkan di dalam bis, biasanya saya hanya mendengarkan musik atau membuka social media. Wisata Lokal setidaknya mampu membuat waktu saya terkesan tidak terbuang sia – sia karena berbagai informasi yang ada di dalamnya mampu menambah wawasan akan kekayaan sejarah, budaya, dan alam di berbagai tempat khususnya di Indonesia. SEKALI LAGI, sehingga saya tidak perlu lagi membuka banyak tab di mesin pencarian hanya untuk mendapatkan informasi terkait tempat – tempat wisata. Cukup satu aplikasi, semuanya bisa didapat.









Kebiasaan saya setelah men-download aplikasi di playstore adalah memberikan berapa rating yang pantas untuk aplikasi tersebut. Namun dalam pemberian rating, saya berusaha se-objektif mungkin memberikan penilaian dengan menggunakan aplikasinya terlebih dahulu. Baikla tidak usah berlama-lama, mari kita nilai berapa banyak bintang yang diperoleh aplikasi Wisata Lokal. Untuk penggunaan awal, disarankan untuk membuka menu Help dan About yang ada di pojok kanan atas untuk mengetahui sekilas mengenai aplikasi ini. 

#WisataLokalInHand
Sadar tidak kalau perkembangan teknologi sekarang ini begitu cepat. Contohnya saja, produsen A mengeluarkan handphone jenis A dengan spesifikasi canggih, beberapa bulan kemudian produsen A kembali mengeluarkan handphone jenis B dengan spesifikasi yang sudah ditingkatkan dari jenis A. Diluar konteks teknik pemasaran produsen itu sendiri, hal yang nampak secara langsung bahwa teknologi berkembang begitu cepat. Perkembangan teknologi yang lebih canggih dan menarik tentunya sangat menarik minat masyarakat terutama bagi kalangan remaja.
Untuk mendapatkan informasi secara realtime, update, dan cepat bukanlah hal yang sulit untuk didapatkan dengan seiiringnya perkembangan teknologi yang begitu cepat dari waktu ke waktu. Maka tidaklah berlebihan bila dikatakan bahwa “cukup berbekal gadget, dunia sudah diujung kuku”. Tidak perlu buku untuk mendapatkan referensi bacaan, tidak perlu televisi untuk menonton berita, tidak perlu koran untuk mendapatkan informasi terkinim, karena semuanya bisa didapatkan dengan mudah dengan teknologi. Berbekal internet dan gadget semua itu bisa didapatkan dan bisa diakses dimanapun dengan catatan daerah tersebut mempunyai jangkauan untuk mengakses internet.





Namun terkadang untuk mendapatkan informasi tertentu secara lengkap dan terintegrasi antara informasi yang satu dan informasi yang lain dibutuhkan cukup merepotkan karena harus mencari banyak referensi. Contohnya saja kegiatan yang lagi happening saat ini, backpacking. Kita ingin merencanakan liburan ke sebuah kota yang ada di Indonesia, tentunya kita harus menyusun itenerary lokasi – lokasi yang harus dikunjungi, mencari alamatnya, akomodasi, hingga penginapan. Wisata Lokal merupakan aplikasi berbasis mobile yang bekerja di sistem operasi android dan windows phone mampu mengatasinya. Cukup download aplikasi Wisata Lokal di smartphone atau tablet-mu, dan oprek aplikasinya. Semua terintegrasi antara informasi yang satu dan yang lain. Mulai dari pemilihan kota, point of interest objek wisata yang akan dikunjungi beserta review-nya, peta, bahkan pencarian hotel. Semuanya cukup dengan satu aplikasi. Oke, SATU BINTANG untuk Wisata Lokal.



Tak dapat dipungkiri antarmuka atau yang lebih dikenal interface yang baik menjadi tolak ukur seberapa banyak minat pengguna untuk tertarik menggunakan sebuah aplikasi. Antarmuka yang buruk seketika akan ditinggalkan penggunanya walaupun sebenarnya dari segi lain banyak hal yang dapat mengangkat aplikasi tersebut unggul daripada aplikasi lainnya yang sejenis. Pertama kali ketika membuka aplikasi ini saya langsung menyimpulkan bahwa aplikasi ini akan sangat dimudahkan. Hal ini dikarenakan Wisata Lokal secara cerdas mengatur navigasi sedemikian rupa sehingga membuat pengguna awam tidak kesulitan dalam penggunaan aplikasi ini. Terdapat beberapa navigasi yang dapat dipilih yaitu, Province, Article, Profile, dan Gallery. Mari kita bahas satu persatu setiap navigasinya. Baiklah, DUA BINTANG untuk Wisata Lokal.

Province
Secara otomatis halaman awal Wisata Lokal akan langsung men-direct penggunanya ke navigasi ini. Ketika navigasi Province dipilih, maka akan tampil daftar provinsi yang ada di seluruh Indonesia. Setiap provinsi ditampilkan dengan gambar ikonik, semacam logo, provinsi tersebut yang bisa di-klik, sehingga memudahkan pengguna dalam mencari informasi yang terfokus pada satu provinsi saja. Selain itu, setiap provinsi terdapat penghitung otomatis pada logonya untuk menunjukkan seberapa banyak objek wisata yang dapat yang ada di dalam provinsi tersebut.



       Artikel
Navigasi menu article memuat semua artikel ter-update mengenai objek – objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Menu navigasi ini adalah menu favorite saya karena dapat mengusir kejenuhan di sela – sela kesibukan atau ketika duduk – duduk santai. Bahasanya yang ringan, mudah dipahami, dan yang paling bikin kesel adalah artikel – artikel yang ada disini dijamin PERSUASIF, selalu timbul untuk travelling lagi travelling lagi. Selain artikel – artikel mengenai objek wisata, artikel update lainnya terkait perkembangan wisata dan budaya Indonesia juga ada. DIJAMIN, anti mati gaya ! Selain sebagai sarana hiburan aplikasi Wisata Lokal akan sangat bermanfaat karena setiap harinya ada pengetahuan baru yang masuk ke otakmu. 
.
Profile
Navigasi menu profile dapat digunakan penggunanya untuk memuat beberapa informasi terkait identitas diri. Wisata Lokal secara langsung akan mengintegrasikan data pengguna dengan facebook. Selain itu, pengguna dapat menambah informasi tambahan seperti informasi bio, nomor telepon dan situs pribadi pengguna. Selain itu, menu navigasi profile akan menyimpan secara otomatis gambar apa saja yang pernah di-upload pengguna, kota yang pernah dikunjungi pengguna, dan wish list ? Wish list ? maksudnya ? tunggu sesaat lagi, hehehe ...Halaman navigasi profile ini nantinya dapat dilihat oleh user lain jika pengguna tersebut meng-klik foto atau review yang telah kita buat mengenai sebuah objek.


Gallery
Pada menu navigasi ini membuat pahala saya semakin bertambah. Loh ? kok bisa ? karena semua ucapan yang saya keluarkan hanya yang baik – baik saja memuji kekuasaan tuhan. Di sini akan ditemukan gambar – gambar berkualitas yang menggambarkan keindahan alam dan keanekaragaman budaya di beberapa tempat di Indonesia. Tak jarang saya meng-capture gambar yang ada di sana untuk dijadikan wallpaper di smartphone atau laptop saya.






Setiap tempat, katakanlah kota, pasti mempunyai tempat – tempat yang menjadi ikonik dan wajib dikunjungi bila sedang berada di kota tersebut atau bisa disebut dengan Point of Interest. Aplikasi Wisata Lokal secara cerdas mengelompokkan berbagai macam POI yang ada di kota atau kabupaten di seluruh Indonesia. Hal ini tentu akan memberikan efektifitas pengguna dalam mencari informasi POI yang ada di suatu kota tanpa harus membuka banyak tab bila pencarian menggunakan browser. Karena itula saya berani memberikan TIGA BINTANG untuk Aplikasi WIsata Lokal. Selain karena POI yang diberikan Wisata Lokal lengkap berasal dari berbagai kota di 34 provinsi, ada beberapa keunggulan lain yang ditawarkan Wisata Lokal yang tidak hanya sekedar menyajikan daftar POI. Apa saja keunggulannya ?

Map

Halaman POI yang disajikan Wisata Lokal memberikan alternatif untuk menampilkan peta tujuan POI. Tentu hal ini akan sangat membantu untuk menentukan jenis transportasi yang akan digunakan, dan estimasi waktu untuk mencapai tujuan, sehingga pengunjung dapat memanajemen waktu dengan baik untuk berkunjung dari satu tempat ke tempat lain dengan mudah dan cepat. POI dapat dilihat dengan cara memilih logo salah satu provinsi yang ada di halaman navigasi province, atau dengan cara cepat yaitu melakukan pencarian langsung di menu pencarian dengan memasukkan kata kota atau objek wisata (POI) yang akan di cari. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar.









Image’s
Semua bermula dari mata, kecintaan seseorang akan suatu hal bermula dari mata yang melihat akan suatu keindahan. Fitur image’s pada aplikasi Wisata Lokal akan menampilkan berbagai gambar POI yang diambil dari berbagai sudut. Gambar – gambar menakjubkan POI berasal dari kontribusi pengguna - pengguna Wisata Lokal yang aktif lainnya untuk berbagi gambar yang diambil dengan meng-upload ke aplikasi Wisata Lokal. Apakah kita juga bisa ikut berkontribusi dengan meng-upload gambar POI ? tentu bisa ! cara nya dengan meng-klik simbol plus yang ada di sudut kanan bawah POI, pilih upload image, kemudian pilih gambar yang akan di upload disertai nama gambar beserta deskripsinya. Tunggu proses upload hingga selesai. Untuk mengecek apakah gambar telah sukses di-upload, klik bagian image's dan cek pada daftar akhir gambar. 


Review
Fitur review tentunya wajib ada untuk aplikasi rekomendasi pencarian objek wisata. Aplikasi Wisata Lokal sudah memenuhi kebutuhan tersebut. Hingga saat ini team pengembang aplikasi Wisata Lokal terus mengumpulkan berbagai sumber seperti buku, cerita pengalaman langsung, dan internet untuk menambah jumlah review Semua pengguna dapat berkontribusi dengan memberikan review terhadap POI yang ada di suatu kota. Adapun cara untuk menambahkan review POI yaitu dengan memilih button review, kemudian tulis review POI. Tulis review dengan sebaik mungkin, gunakan kalimat yang ringan dan persuasif sehingga siapapun yang membacanya tertarik untuk mengunjungi POI tersebut. Sebagai contoh saya memberikan review mengenai Jembatan Ampera yang ada di kota Palembang. Oh ya, sebelum review, berikan rating POI terlebih dahulu ya...



Share
Aplikasi Wisata Lokal melengkapi keunggulannya dengan fitur share. Semua pengguna Wisata Lokal memungkinkan penggunanya untuk berbagi mengenai POI suatu tempat yang mungkin tidak semua mengetahuinya agar tertarik untuk mengunjungi POI suatu tempat. Hanya dengan menekan button share, pilih media yang akan digunakan untuk berbagi, baik melalui email, bluetooth, media sosial, dan lainnya. Sebagai contoh saya share melalui media SMS. TIPS : Bila ingin berbagi ke media sosial seperti Facebook atau Twitter namun tidak ada di pilihan media share, silahkan download terlebih dahulu aplikasi Facebook atau Twitter di Playstore.


Wish List and Report
Aplikasi Wisata lokal ibarat asisten pribadi yang menyimpan informasi apa yang menjadi harapan kita dan yang tidak kita harapkan.Wisata Lokal menyuguhkan fitur unggulan lainnya yaitu Wish List.  Fitur Wish List memungkinkan pengguna untuk menyimpan informasi mengenai POI yang menjadi harapan yang suatu saat nanti akan dikunjungi. Wish List akan tersimpan dan dapat dilihat kembali pada menu navigasi profil. Selain Wish List, fitur terakhir yang menjadi kontrol terhadap informasi yang tidak dapat di pertanggung jawabkan kebenarannya,dengan kata lain informasi yang diberikan tidak sesuai kenyataan, atau memuat konten berpotensi SARA atau pronografi, user dapat menggunakan fitur ini untuk melaporkan informasi yang tidak benar langsung ke pengembang Aplikasi Wisata Lokal. Fitur Report ini sangatlah penting sebagai kontrol informasi, agar informasi yang ada dapat terus di pantau kualitasnya.





       Salah satu elemen penting dalam melakukan sebuah perjalanan selain akomodasi adalah dimana nantinya kita akan berteduh untuk beristirahat. Penginapan merupakan sarana wajib yang harus dipikirkan karena tidak semua penginapan dapat memenuhi apa yang kita ingingkan baik dalam hal fasilitas maupun harga yang ditawarkan, terutama buat para backpacker yang menginginkan penginapan yang tidak terlalu mewah namun cukup nyaman untuk beristirahat dengan harga yang tidak menguras kantong.
Lagi – lagi Wisata Lokal memberikan sarana bagi para penggunanya untuk dapat melakukan pencarian penginapan sesuai dengan kebutuhan dan budget penggunanya. Hal ini dikarenakan Wisata Lokal telah mengrintegrasikan menu pencarian hotel dengan menjalin afiliasi kepada situs pencarian hotel atau penginapan yang tekemuka dan kredibilitasnya sangat baik, yaitu Booking.com (www.booking.com). Cukup masukkan kota yang akan dituju, jadwal tanggal check in dan check out, kemudian pilih hotel atau penginapan sesuai keinginan. Untuk mempermudah pencarian, Booking.com juga menyediakan fitur map untuk pencarian lokasi penginapan dan fitur filter untuk menyaring informasi hotel berdasarkan beberapa kategori seperti harga, nilai bintang, makanan yang ditawarkan, jenis, dan fasilitas yang ditawarkan penginapan atau hotel.Namun ada baiknya selain pencarian hotel, menu pencarian tiket penerbangan dengan menjalin afiliasi pada situs pencarian tiket pesawat yang meledak saat ini dapat ditambahkan.Tanpa ragu, EMPAT BINTANG diberikan untuk Aplikasi WIsata Lokal. 








Dan... yang terakhir... selama penggunaan Aplikasi Wisata Lokal.HAL yang membuat saya paling suka dari Aplikasi Wisata Lokal adalah No Advertisement. Saya belum menjumpai iklan-iklan bertebaran yang menutupi layar, mengingat Wisata Lokal merupakan aplikasi gratis. Memang tidak dapat dipungkiri pendapatan terbesar dari sebuah aplikasi mobile adalah banyaknya iklan yang setiap waktu akan menghantui penggunanya karena datang secara tiba – tiba dengan iklan pop-up nya. Ada lagi yang lebih menyebalkan adalah iklan yang tiba – tiba muncul ketika aplikasi sedang digunakan dan seketika layar penuh dengan iklan. Tingkat #SebalMeter menjadi-menjadi karena tombol close untuk menutup iklan sangatlah kecil. Cukup takjub masih jarang saya menemukan aplikasi berbasis mobile dan GRATIS namun tidak menyematkan iklan didalamnya. Kalau aplikasi berbayar tidak disematkan iklan, itu sudah biasa. Saran saya jika suatu saat aplikasi Wisata Lokal menjalin kerja sama dengan pihak ketiga untuk menyematkan iklan, ada baiknya iklan tidak menutup halaman dan tombol close yang tidak terlalu kecil. 

Finally, LIMA BINTANG untuk Aplikasi WIsata Lokal.Good Job !!! Saatnya memberi rating di Playstore (karena saya pengguna Android) untuk Aplikasi WIsata Lokal. FYI, rating aplikasi Wisata Lokal di Playstore sangat baik, menembus angka 4,5/5 dan komentar - komentarnya juga yang menunjukkan pengguna puas menggunakan aplikasi ini.
Menurut informasi terbaru yang didapat, aplikasi Wisata Lokal akan terus melakukan peningkatan, salah satunya dengan menambahkan fitur budaya untuk menyajikan informasi mengenai tarian dan rumah adat misalnya. SALUT DEH BUAT DEVELOPER-nya ! Aplikasi Wisata Lokal ternyata tidak hanya sebagai sarana pemandu, dan hiburan, namun unsur edukasi pun turut disematkan didalamnya (y). Oh ya, sedikit masukan nih. Kalau bisa juga dimasukkan makanan khas daerah setempat, rasanya kurang lengkap kalau tidak berburu kuliner setempat untuk dicicipi atau untuk dibawa pulang sebagai oleh - oleh. 






Perlombaan Perahu Bidar
Sumber : klik disini

Sumber Referensi : 

PENGALAMAN PRIBADI
Wikipedia
Tempo.co
Wisata Lokal
Aplikasi Wisata Lokal

Link Apps & Website
  • Android Apps                :  http://bit.ly/wisatalokal
  • Windows Phone Apps  :   http://bit.ly/wisatalokalwp
  • iOs Apps                        :  [sedang dikembangkan]
  • Website                         :  http://www.wisatalokal.net
  • Facebook Fanpage       :  https://www.facebook.com/wisatalokal.net
  • Twitter                           : @wisata_lokal

Presented for :


Sumber : klik disini




8 komentar:

  1. Seru banget di Palembang semuanya ada...
    Kapan ya bisa mampir ke situ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ... liburan akhir tahun kayaknya bisa tuh. atau kalau mau lebih seru mendekati hari kemerdakaan tanggal 17 agustus. banyak pesta rakyat :)

      Hapus
  2. Wuih, keren, panjang and grafisnya mantep, perlu banyak belajar nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mas... banyak aspek penilaian, dan banyak juga yang jauh lebih keren termasuk punya gan amir :)

      Hapus
  3. pempek-nya nih yang juara kalo dari palembang :D
    btw informasi tentang wisata lokalnya lengkap banget (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang, beda rasanya kalo makan pempek yang dijual di luar palembang hehe

      Hapus
  4. Wah, perfect nih sajian wisata nya di palembang.
    bener" tertarik ingin mngunjungi kesana :D
    Thanks atas bantuan rekomendasinya yaa..
    btw, Selaamaatt menjd pemenang utama..
    yuhuhu,, Asus Zhenfone 5..
    Nice and Always Succes for You..

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah mas,, iya gak nyangka juga bisa menang. sukses untuk semua nya :)

      Hapus

Kamis, 02 April 2015

Dari A - Z : Serba - Serbi Palembang Bersama Wisata Lokal




Pulang kuliah, nyasar di Jembatan Ampera #SalahNaekAngkot
Sumber : Dok. Pribadi



21 tahun sudah saya tinggal di kota yang dulunya terkenal akan aksi kriminalnya, dan kekumuhan kotanya sekarang sudah berubah 180 derajat. Palembang semakin dilirik karena potensinya yang luar biasa dari berbagai sektor terus meningkat. Salah satunya dalam hal potensi wisata. Sejak launching program Visit Musi pada tahun 2007, jumlah wisatawan yang berkunjung ke kota Palembang terus meningkat baik domestik maupun mancanegara. Banyak hal yang akan membuat anda kagum dengan kota Palembang, mau tahu apa saja ?

Jembatan Ampera
Sumber : klik disini
A – Ampera – Kalau di San Fransisco ada Jembatan Golden Gate, di Indonesia juga ada  Jembatan Ampera. Ampera merupakan Jembatan yang dibawahnya dialiri Sungai Musi menghubungkan antara wilayah hulu dan hilir. Ikonik kota Palembang ini berlokasi tepat di pusat kota sehingga mudah dijangkau menggunakan transportasi umum.Jembatan bisa dikatakan POINT OF INTEREST yang paling yahuuud di Kota Palembang, karena bermula dari Jembatan Ampera banyak tempat - tempat menarik yang ada di sekitar Ampera dan transportasi dari berbagai arah untuk menuju tempat wisata lain. Hal yang menjadi keistimewaan jembatan ini adalah bagian tengahnya yang dapat diangkat bila ada kapal besar yang melintas, namun sejak tahun 1970, karena alasan mengganggu arus lalu lintas di atas jembatan, aktivitas naik turun bagian tengah jembatan tidak dilakukan lagi. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke Jembatan Ampera adalah sore hari menjelang malam, disamping menghindari terik matahari, Lampu – lampu hias akan menghiasi Jembatan Ampera sehingga tampak cantik.

Benteng Kuto Besak
Sumber : klik disini
B – Benteng Kuto Besak (BKB) – Berlokasi tidak jauh dari Jembatan Ampera karena letaknya yang persis di tepi sungai Musi. BKB pada awalnya dibangun untuk pertahanan dari serangan kaum penjajah dari eropa waktu masa pemerintahan  Kesultanan Darussalam Palembang. Sekarang BKB semakin berbenah, dan didalamnya bermarkas kantor Kesehatan Kodam II Sriwijaya dan Rumah Sakir Dr. AK. Gani dibelakang BKB. Masih disekitar kawasan BKB terdapat area luas yang biasa digunakan ajang rekreasi sore keluarga ditepian sungai Musi. Terkadang kawasan ini juga dijadikan tempat perhelatan besar seperti konser, pameran, dan pesta rakyat lainnya.  Jangan lupa untuk mencoba mi tek tek yang banyak dijual di sekitar area ini. Beberapa restoran waralaba pun mulai banyak bertebaran ditempat ini..

C - Celimpungan – Tak lengkap rasanya liburan tanpa mencicipi makanan khas setempat. Beralih ke makanan khas kota Palembang, di kota ini kita akan menemukan makanan berkuah santan yang cocok dijadikan kudapan santai. Sesuai namanya, tepung terigu, sagu, dan ikan akan dicampur menjadi adonan bulat – bulat yang kemudian di ‘cemplungkan’ ke dalam air mendidih hingga matang. Celimpungan disajikan dengan kuah santan dengan taburan bawang goreng diatasnya.

D – Delapan Jam – Masih dengan kekayaan kuliner Kota Palembang, delapan jam merupakan nama dari sejenis kue tradisional khas Kota Palembang. Mungkin kue ini merupakan kue yang paling lama proses pembuatannya di dunia karena pada tahap pengukusan kue ini akan menghabiskan waktu selama delapan jam. Karena keunikan inilah kue delapan jam biasanya dibuat dan disajikan pada hari – hari besar seperti hari raya idul fitri dan tahun baru cina (imlek). Bila tidak sempat membuatnya, kawasan pasar cinde dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mendapatkan dan mencicipi kue fenomenal ini.

Aneka jenis pempek
Sumber : klik disini
E – Empek – empek – Secara penyebutan lebih dikenal pempek. Siapa yang tidak mengenal pempek ? Mungkin anda tidak sedang berada di Indonesia bila tidak mengengal pempek. Panganan khas Kota Palembang ini sangat mudah dijumpai di berbagai sudut kota, mulai dari restoran, warung, hingga yang menjajakannya dengan bakul atau sepeda. Pempek mempunyai berbagai varian seperti pempek ada’an (bulat), pempek kulit, pempek tahu, pempek telur, pempek lenjer, pempek keriting dan pempek kapal selam (bentuk lain dari pempek telur namun dengan ukuran yang lebih besar). Saus cuka yang merupakan komplementer wajib saat menikmati pempek. Cara unik orang Palembang makan pempek adalah dengan menggunakan tangan, menggigit pempek terlebih dahulu, kemudian mensluprut saus cuka secara perlahan, yaaameeeeehhhhh...

Bundaran Air Mancur
Sumber : klik disini
F – Fountain Kalau di Jakarta ada bundaran HI, di Palembang juga ada bundaran air mancur yang terletak di jantung kota Palembang. Hal ini dikarenakan posisinya yang berhadapan dengan Masjid Agung dan Jembatan Ampera. Bundaran air mancur ini mengalami renovasi setelah diadakannya perhelatan SEA GAMES 2011 di kota Palembang dan sekarang ditetapkan sebagai Tugu air mancur SEA GAMES, bermotif songket yang dilengkapi tugu bendera anggota ASEAN mengitari air mancur. Tempat ini biasa dijadikan meeting point atau sekedar bersantai menikmati udara malam di tempat ini karena lampu hias warna warni akan menghiasi tugu air mancur ini pada malam hari sehingga lebih sedap dipandang.

G – Graha Teknologi Sriwijaya – Graha Teknologi Sriwijaya (GIT) merupakan science center yang ada di kota Palembang. Berlokasi di kawasan Jakabaring Sport Center, GIT menyajikan berbagai macam alat peraga interaktif dalam pemahaman mengenai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) sehingga mempelajari IPTEK akan terasa lebih menyenangkan dan berkesan.

Hutan Wisata Punti Kayu
Sumber : klik disini
H – Hutan Wisata Punti Kayu – Kota Palembang pernah meraih piala Adipura selama 5 tahun berturut, salah satu alasannya adalah karena keberadaan hutan di tengah kota. Berlokasi 5 KM dari pusat kota, hutan ini dipenuhi dengan pohon pinus rindang. Di dalamnya juga terdapat beberapa wahana seperti kebun binatang, perahu bebek, kolam renang, dan lain – lain. Sebagai sarana rekreasi keluarga. Berpiknik di tempat ini akan menyenangkan karena tempatnya yang teduh. Namun sangat disayangkan kini punti kayu kurang mendapat perhatian lebih oleh pengelola setempat karena kebersihannya yang kurang terjaga.

I – IT Store – MDP IT Store merupakan pusat perbelanjaan barang – barang elektronik terbesar yang ada di kota Palembang dengan gedung 8 lantai. Lokasinya yang strategis mudah dijangkau dengan kendaraan umum seperti Trans Musi.

Opening Asean University Games XVII,
Sumber : Dok. Pribadi
J – Jakabaring Sport City – Kota Palembang terus menerus menjadi pusat perhatian baik nasional maupun internasional. Kota Palembang mengalami perkembangan yang begitu cepat dari banyak sektor beberapa tahun kebelakang, salah satunya dalam hal fasilitas olahraga. Di komplek ini terdapat Stadion Bola Utama Kesebelasan Sriwijaya FC . Keseriusan pemerintah kota Palembang berhasil membuat Palembang berhasil mewakili Indonesia untuk menjadi tuan rumah berbagai ajang olahraga seperti ASEAN GAMES pada tahun 2011, Islamic Solidarity Games (ISG) pada tahun 2013, dan terakhir Asean University Games (AUG) pada tahun 2014. Di dalam komplek ini terdapat berbagai fasilitas arena olahraga yang sudah berstandar internasional. Jakabaring menjadi salah satu tempat favorit untuk jogging pagi hari karena tidak banyak kendaraan yang lalu lalang, dan suasana yang masih tenang dan cukup asri.

Kambang Iwak Park
Sumber : klik disini
K – Kambang Iwak -  Setelah keberadaan Punti Kayu yang menjadi alasan kota Palembang meraih piala Adipura, Kambang Iwak merupakan alasan selanjutnya. Setelah keberadaan Punti Kayu yang menjadi alasan kota Palembang meraih piala Adipura, Kambang Iwak merupakan alasan senajutnya. Kambang Iwak merupakan Taman tengah kota yang di desain sedemikian rupa sehingga tampak modern, dan rindang. Terdapat jogging track yang mengelilingi kambang (sejenis waduk) dengan air mancur ditengahnya. Setiap weekend biasanya akan ada acara senam pagi bersama seperti Senam Kesehatan Jasmani (SKJ) dan Senam Jantung. Tidak jarang tempat ini dijadikan tempat berkumpulnya berbagai komunitas – komunitas anak muda yang sifatnya penyaluran hobi. Selain jogging track terdapat fasilitas mini gym yang dapat digunakan oleh siapapun. Bila haus, water tap tersedia di beberapa sudut untuk menghilangkan dahaga.

L – Lakso – Panganan khas lainnya yang berasal dari kota Palembang adalah Lakso. Berbahan dasar tepung beras dan tepung sagu sehingga terasa sedikit kenyal yang dibentuk seperti mi, kemudian disajikan bersama kuah santan dengan taburan bawang goreng diatasnya.

Foto jadul waktu SMA mengunjungi Monpera
Sumber : Dok. Pribadi
M – Museum – Museum dapat dijadikan wisata untuk mengenang persitiwa bersejarah. Museum Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera) merupakan monumen yang letaknya tidak jauh dari Jembatan Ampera dan tepat bersebrangan dengan Masjid Agung. Monumen ini menggambarkan bagaimana perjuangan rakyat Palembang dalam mengusir penjajahan Jepang yang terkenal dengan perang lima hari lima malam. Di dalam monumen ini tersimpan berbagai senjata yang digunakan perang saat itu. Untuk melihat peninggalan sejarah lain, beberapa museum lain di Kota Palembang dapat menjadi pilihan diantaranya Museum Balaputra Dewa dan Museum Sultan Mahmud Badaruddin II yang menyimpan banyak barang – barang tradisional khas Sumatera Selatan, replika prasasti dan arca kuno peninggalan kerajaan Sriwijaya dan berbagai katergori lainnya.

N – Nasi Gemuk – Sepintas panganan ini seperti nasi uduk bagi kebanyakan orang. Dari segi rasanya pun sama seperti nasi uduk. Namun yang mebuatnya berbeda adalah komplementernya. Bila nasi uduk menggunakan kerupuk emping, nasi uduk menggunakan kerupuk biasa dengan pelengkap lainnya seperti bihun goreng, tempe orek, dan irisan telur dadar. Untuk proses pembuatannya tidak ada yang berbeda dengan nasi uduk. 

Mencoba wahana Banana Boat
Sumber : Dok. Pribadi
O – OPI – Masih di kawasan Jakabaring Sport City, OPI merupakan komplek perumahan yang terdapat di kawasan ini. DI sekitar komplek terdapat  danau buatan yang cukup luas dan airnya yang jernih. Berbagai aktivitas air biasa dilakukan disini seperti bermain perahu bebek, dan banana boat. Danau ini juga menjadi tempat latihan dan pertandingan olahraga air. Tidak jauh dari danau terdapat OPI Waterfun yang merupakan salah satu wahana air terbaik di Palembang. OPI Mall dan Lippo Plaza Jakabaring merupakan pusat hiburan  dan belanja yang ada di kawasan ini.

P – Palembang Sport Convention Center (PSCC) – PSCC dapat dikatan venue terbaik kota Palembang saat ini. Lokasinya di pusat kota sehingga mudah dijangkau. PSCC merupakan hasil renovasi Gedung Olahraga Sriwijaya (GOR) dalam menyambut perhelatan ASEAN Games 2011. PSCC tidak hanya digunakan untuk event olahraga seperti pertandingan bola volly dan basket, karena PSCC hingga kini dapat mengakomodir berbagai event seperti konser, workshop, teater, orkestra, wisuda, wedding, seminar, dan lain – lainnya. Perhelatan akbar baru – baru ini adalah Festival Film Indonesia (FFI) yang sukses digelar 2014 lalu, dimeriahkan oleh hingga 450 artis ibu kota. Namun, yang menjadikan PSCC terus meningkat pengunjungnya adalah PSCC terintegrasi langsung dengan Palembang Icon (PI) yang merupakan Life Style Mall pertama di Kota Palembang.

Q – (Al)Qur’an – Bagi yang beragama islam, dapat mengunjungi Masjid Agung yang lokasinya tidak jauh dari Jembatan Ampera dan bersebrangan dengan Monpera. Masjid terbesar di Kota Palembang ini tidak hanya memiliki  desain bangunan yang futuristik karena perpaduan antara Melayu, Cina dan Arab, karena didalamnya juga menyimpan Al-Qur’an terbesar di dunia yang menurut informasi dalam proses pembuatannya menghabiskan 40 meter kubik kayu dengan pahatan yang luar biasa indah.

Makan Siang di Pelataran Rumah Limas
Sumber : Dok. Pribadi
R – Rumah Adat -  Komplek Dekranasda di kawasan Jakabaring dapat dijadikan alternatif untuk melihat berbagai jenis bentuk replika rumah – rumah adat versi modern yang ada di Sumatera Selatan. Salah satunya yaitu rumah limas yang merupakan rumah adat khas Sumatera Selatan. Selain itu juga terdapat rumah adat umum yang berasal dari berbagai Kabupaten di Sumatera Selatan.

S – Sungai Musi – Sungai yang membelah hulu dan hilir ini membentang hingga 750 KM dinobatkan sebagai sungai terpanjang di Sumatera. Sungai ini akan berakhir ke Selat Bangka. Sungai ini menjadi pusat perdagangan terbesar di kawasan Asia pada masa Kerajaan Sriwijaya maka tidak heran banyak pedagang – pedagang dari luas datang kesini, terutama pedagang dari Cina. Keunikan lainnya dari Sungai Musi adalah terdapat pulau yang terbentuk secara alami karena endapan tanah yang disebut Pulau Kemaro. Pulau Kemaro dapat ditempuh dengan menggunakan getek (perahu tradisional), speed boat, bahkan sekarang sudah bisa ditempuh dengan berjalan kaki karena sudah dibangunnya jembatan penghubung untuk menuju pulau kemaro. Pulau Kemaro sangat lekat akan kisah cinta antara pemuda Cina yang tertarik dan ingin menikahi gadis setempat. Singkat cerita, kisah cinta mereka berakhir kandas karena pemuda Cina dan kekasihnya tersebut mati tenggelam di Sungai Musi.Pulau Kemaro akan sangat ramai dikunjungi terutama saat perayaan Imlek dan Cap Gomeh. Terdapat Pohon Cinta yang konon bila sepasang kekasih mengukirkan nama mereka disitu maka mereka tidak akan terpisahkan selamanya. Selain pulau kemaro, beberapa objek wisata lainnya di tepian sungai musi seperti Pasar 16 Ilir, Rumah Rakit, Pabrik Pupuk PT. PUSRI, dan Pantai Bagus Kuning.

Museum Sriwijaya
Sumber : Dok. Pribadi
T – Taman Situs Purbakala Karanganyar – Kota Palembang menyimpan sejarah besar akan kejayaan kerajaan Sriwijaya pada zamannya. Taman Situs Purbakala Karanganyar yang berlokasi di Tepian Sungai Musi, tepatnya di kecamatan Gandus. Tempat ini dipercaya sebagai lokasi dimana kerajaan Sriwijaya berdiri karena ditemukannya beberapa prasasti peninggalan kerajaan Sriwijaya, seperti prasasti Kedukan Bukit yang diletakkan di pendopo di tengah – tengah taman. Di tempat ini terdapat Museum Sriwijaya yang menyimpan informasi situs dan temuan Kerajaan Sriwijaya di Kota Palembang. Karena tempatnya yang teduh, dan luas, area ini biasa dijadikan arena outbound oleh anak – anak SMA yang sedang mengikuti masa Pendidikan Dasar (Diksar) ekstrakulikuler di sekolahnya.






Kampus Utama UNSRI
Sumber : Dok. Pribadi
U – UNSRI – Universitas Sriwijaya – Universitas Sriwijaya merupakan salah satu PTN terbaik di Indonesia dan nomor 1 terbaik di Sumatera diikuti Universitas Andalas (UNAND) di Padang, dan Universitas Sumatera Utara (USU) di Medan dimana saya menuntu ilmu. Kampus utama berlokasi di Kabupaten Ogan Ilir, Indralaya, dan kampus extension yang berlokasi di Palembang. 

V – Venice of The East – Palembang dari dulu memang terkenal dengan sebutan kota venesia dari timur. Hal ini dikarenakan kota kanal yang terkenal di wilayah eropa tersebut mengandalkan transportasi air, gondola, untuk meningkatkan jumlah wisatawan. Begitu juga di Palembang, dengan menyusuri aliran Sungai Musi, wisatawan dapat menaiki perahu getek untuk mengunjungi beberapa spot terkenal seperti Pulau Kemaro dan Kampung Kapitan, atau sekedar berkelilingi menyusuri sungai menikmati pemandangan aktivitas sehari – hari masyarakat setempat. Oh ya , sempatkan untuk menikmati aneka makanan yang di jual di warung apung, tersebar di beberapa titik pinggiran Sungai Musi

Amanzi Water Park
Sumber : klik disini
W -  Waterboom -  Untuk sarana rekreasi air moderen untuk keluarga, Palembang mempunyai beberapa alternatif waterboom pilihan. Misalnya Amanzi Water Park yang berlokasi di kawasan komplek perumahan Citra Grand City yang mempunyai konsep wahana hutan rimba afrika yang akan memberikan pengalaman seru untuk rekreasi air bersama teman – teman atau keluarga. Selain Amanzi, ada OPI waterfun yang berada di kawasan perumahan OPI di Jakabaring, dan Fantasy Island yang berlokasi di Jalan Sriwijaya KM.15 tidak hanya menyediakan wahana bermain air akan tetapi wahana lain seperti kereta gantung, dan arena gokart, dan perahu bebek juga tersedia.

Palembang Icon Mall
Sumber : klik disini
X – (E)Xtra Time – Percayalah, anda akan butuh waktu tambahan untuk berlibur di kota Palembang. Karena masih sangat banyak spot – spot keren yang belum dikunjungi misalnya Taman Bukit Siguntang, Museum Tekstil, Kawah Tengkurep, Kampung Arab, Bagus Kuning, Pusat kerajinan songket, Sungai gerong, belum lagi pusat – pusat perbelanjaan dan Mall seperti Palembang Indah Mall, Palembang Square, Palembang Trade Center, Lippo Plaza Jakabaring dan masih banyak tempat lain yang wajib dikunjungi. Anda mungkin akan mengagendakan liburan kembali ke Kota Palembang untuk mengunjungi tempat yg belum dikunjugi. Apabila anda mengunjungi Palembang saat menjelang hari kemerdakaan RI, maka akan ada perlombaan perahu bidar yang diadakan di Sungai Musi.

Y – Yawn – You should yawn after touring in this town. Mulai bersiap mengemaskan pakaian, tidak lupa oleh – oleh khas Palembang untuk dibagikan ke teman – teman dan keluarga.


Z –ZzZzzzZ – Terdengar suara mendengkur yang cukup keras karena anda benar –benar kelelahan setelah beberapa hari mengelilingi Kota Palembang. Beristirahatlah agar keesokan harinya pulang kerumah dengan perasaan yang gembira dan siap menjalani rutinitas kembali



34 Provinsi, dengan 13.466 Pulau, yang tersebar dari sabang hingga merauke, kekayaan flora, fauna, dan kebudayaan yang beragam, itula Indonesia, yang akan menarik bila kita berpetualang ke berbagai tempat disana. Setali tiga uang, disamping bertambahnya minat traveller terutama untuk kalangan muda yang menjadikan travelling menjadi sebuah kebutuhan, membuat banyak pengembang aplikasi berbasis mobile berlomba - lomba menciptakan sebuah aplikasi yang bertujuan penggunanya untuk menemukan banyak informasi terkait tempat - tempat yang menarik untuk dikunjungi. Indonesia, dengan kekayaan ragam sosial, budaya, dan keindahan alamnya, akan sangat menarik bila setiap sudutnya dijelajahi. Eits, jangan lupa setelah kalian liburan jangan lupa untuk share cerita kalian ke aplikasi Wisata Lokal agar semua orang dapat memperoleh informasi tempat liburan apa saja yang telah kamu kunjungi. Apa itu Wisata Lokal ?



Wisata Lokal disini adalah sebuah aplikasi yang bisa dipakai di smartphone atau tablet lainnya yang mendukung sistem operasi Android atau Windows Phone (iOS sedang dalam pengembangan). Aplikasi ini sangat bermanfaat terutama buat para backpacker yang ingin mengunjungi tempat - tempat menarik dan eksotis lainnya di seluruh wilayah Indonesia dari sabang hingga merauke. Ada banyak keunggulan yang bisa kita rasakan dengan menggunakan aplikasi ini. Apa saja keunggulannya ? sebelum mengetahuinya, download dan pasang terlebih dahulu aplikasi Wisata Lokal di smartphone-mu, untuk Android bisa di-download melalui Playstore dan untuk Windows phone bisa di-download melalui Windows Store. Berhubung saya menggunakan Android, maka saya men-donwload melalui Playstore Sudah dipasang? Now #WisataLokalinYourHand, let's start to explore this application ! Selama penggunaan Wisata Lokal, beberapa hal yang saya rasakan manfaatnya, apa saja itu ? sebelumnya yuk nonton dulu, saya telah membuat video singkat mengenai Aplikasi Wisata Lokal check it out
 :
           Sebagaimana yang kita ketahui, informasi dapat diperoleh dari berbagai sumber seperti buku, internet, bahkan hingga cerita dari pengalaman seseorang. Namun kita terkadang bingung karena begitu banyaknya referensi sehingga membuat kita bingung untuk menyimpulkan sebuah informasi. Dalam hal ini, Wisata Lokal merupakan aplikasi yang membantu saya dalam mendapatkan informasi terkait tempat – tempat wisata yang ada di berbagai tempat di Indonesia. Aplikasi ini berkerja dengan cara memahami terhadap informasi apa saja yang diinginkan penggunanya, kemudian mengelompokkannya dengan desain yang menarik sehingga mudah dipahami.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, banyak hal dalam memperoleh informasi, salah satunya yaitu melalui internet. Kebiasaan saya untuk memperoleh informasi tertentu adalah dengan berlangganan dan mem-borkmark semua link yang memuat informasi terkait tempat – tempat wisata. Tentu hal ini cukup merepotkan karena saya harus mengakses link demi link untuk memperoleh informasi dengan membuka banyak tab. Belum lagi terkadangan informasi yang diberikan tidak selalu konstan, artinya informasi – informasi yang tidak ada hubungannya dengan wisata pun di bagikan.





Di sela – sela kejenuhan baik itu di rumah atau di kampus bahkan di dalam bis, biasanya saya hanya mendengarkan musik atau membuka social media. Wisata Lokal setidaknya mampu membuat waktu saya terkesan tidak terbuang sia – sia karena berbagai informasi yang ada di dalamnya mampu menambah wawasan akan kekayaan sejarah, budaya, dan alam di berbagai tempat khususnya di Indonesia. SEKALI LAGI, sehingga saya tidak perlu lagi membuka banyak tab di mesin pencarian hanya untuk mendapatkan informasi terkait tempat – tempat wisata. Cukup satu aplikasi, semuanya bisa didapat.









Kebiasaan saya setelah men-download aplikasi di playstore adalah memberikan berapa rating yang pantas untuk aplikasi tersebut. Namun dalam pemberian rating, saya berusaha se-objektif mungkin memberikan penilaian dengan menggunakan aplikasinya terlebih dahulu. Baikla tidak usah berlama-lama, mari kita nilai berapa banyak bintang yang diperoleh aplikasi Wisata Lokal. Untuk penggunaan awal, disarankan untuk membuka menu Help dan About yang ada di pojok kanan atas untuk mengetahui sekilas mengenai aplikasi ini. 

#WisataLokalInHand
Sadar tidak kalau perkembangan teknologi sekarang ini begitu cepat. Contohnya saja, produsen A mengeluarkan handphone jenis A dengan spesifikasi canggih, beberapa bulan kemudian produsen A kembali mengeluarkan handphone jenis B dengan spesifikasi yang sudah ditingkatkan dari jenis A. Diluar konteks teknik pemasaran produsen itu sendiri, hal yang nampak secara langsung bahwa teknologi berkembang begitu cepat. Perkembangan teknologi yang lebih canggih dan menarik tentunya sangat menarik minat masyarakat terutama bagi kalangan remaja.
Untuk mendapatkan informasi secara realtime, update, dan cepat bukanlah hal yang sulit untuk didapatkan dengan seiiringnya perkembangan teknologi yang begitu cepat dari waktu ke waktu. Maka tidaklah berlebihan bila dikatakan bahwa “cukup berbekal gadget, dunia sudah diujung kuku”. Tidak perlu buku untuk mendapatkan referensi bacaan, tidak perlu televisi untuk menonton berita, tidak perlu koran untuk mendapatkan informasi terkinim, karena semuanya bisa didapatkan dengan mudah dengan teknologi. Berbekal internet dan gadget semua itu bisa didapatkan dan bisa diakses dimanapun dengan catatan daerah tersebut mempunyai jangkauan untuk mengakses internet.





Namun terkadang untuk mendapatkan informasi tertentu secara lengkap dan terintegrasi antara informasi yang satu dan informasi yang lain dibutuhkan cukup merepotkan karena harus mencari banyak referensi. Contohnya saja kegiatan yang lagi happening saat ini, backpacking. Kita ingin merencanakan liburan ke sebuah kota yang ada di Indonesia, tentunya kita harus menyusun itenerary lokasi – lokasi yang harus dikunjungi, mencari alamatnya, akomodasi, hingga penginapan. Wisata Lokal merupakan aplikasi berbasis mobile yang bekerja di sistem operasi android dan windows phone mampu mengatasinya. Cukup download aplikasi Wisata Lokal di smartphone atau tablet-mu, dan oprek aplikasinya. Semua terintegrasi antara informasi yang satu dan yang lain. Mulai dari pemilihan kota, point of interest objek wisata yang akan dikunjungi beserta review-nya, peta, bahkan pencarian hotel. Semuanya cukup dengan satu aplikasi. Oke, SATU BINTANG untuk Wisata Lokal.



Tak dapat dipungkiri antarmuka atau yang lebih dikenal interface yang baik menjadi tolak ukur seberapa banyak minat pengguna untuk tertarik menggunakan sebuah aplikasi. Antarmuka yang buruk seketika akan ditinggalkan penggunanya walaupun sebenarnya dari segi lain banyak hal yang dapat mengangkat aplikasi tersebut unggul daripada aplikasi lainnya yang sejenis. Pertama kali ketika membuka aplikasi ini saya langsung menyimpulkan bahwa aplikasi ini akan sangat dimudahkan. Hal ini dikarenakan Wisata Lokal secara cerdas mengatur navigasi sedemikian rupa sehingga membuat pengguna awam tidak kesulitan dalam penggunaan aplikasi ini. Terdapat beberapa navigasi yang dapat dipilih yaitu, Province, Article, Profile, dan Gallery. Mari kita bahas satu persatu setiap navigasinya. Baiklah, DUA BINTANG untuk Wisata Lokal.

Province
Secara otomatis halaman awal Wisata Lokal akan langsung men-direct penggunanya ke navigasi ini. Ketika navigasi Province dipilih, maka akan tampil daftar provinsi yang ada di seluruh Indonesia. Setiap provinsi ditampilkan dengan gambar ikonik, semacam logo, provinsi tersebut yang bisa di-klik, sehingga memudahkan pengguna dalam mencari informasi yang terfokus pada satu provinsi saja. Selain itu, setiap provinsi terdapat penghitung otomatis pada logonya untuk menunjukkan seberapa banyak objek wisata yang dapat yang ada di dalam provinsi tersebut.



       Artikel
Navigasi menu article memuat semua artikel ter-update mengenai objek – objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Menu navigasi ini adalah menu favorite saya karena dapat mengusir kejenuhan di sela – sela kesibukan atau ketika duduk – duduk santai. Bahasanya yang ringan, mudah dipahami, dan yang paling bikin kesel adalah artikel – artikel yang ada disini dijamin PERSUASIF, selalu timbul untuk travelling lagi travelling lagi. Selain artikel – artikel mengenai objek wisata, artikel update lainnya terkait perkembangan wisata dan budaya Indonesia juga ada. DIJAMIN, anti mati gaya ! Selain sebagai sarana hiburan aplikasi Wisata Lokal akan sangat bermanfaat karena setiap harinya ada pengetahuan baru yang masuk ke otakmu. 
.
Profile
Navigasi menu profile dapat digunakan penggunanya untuk memuat beberapa informasi terkait identitas diri. Wisata Lokal secara langsung akan mengintegrasikan data pengguna dengan facebook. Selain itu, pengguna dapat menambah informasi tambahan seperti informasi bio, nomor telepon dan situs pribadi pengguna. Selain itu, menu navigasi profile akan menyimpan secara otomatis gambar apa saja yang pernah di-upload pengguna, kota yang pernah dikunjungi pengguna, dan wish list ? Wish list ? maksudnya ? tunggu sesaat lagi, hehehe ...Halaman navigasi profile ini nantinya dapat dilihat oleh user lain jika pengguna tersebut meng-klik foto atau review yang telah kita buat mengenai sebuah objek.


Gallery
Pada menu navigasi ini membuat pahala saya semakin bertambah. Loh ? kok bisa ? karena semua ucapan yang saya keluarkan hanya yang baik – baik saja memuji kekuasaan tuhan. Di sini akan ditemukan gambar – gambar berkualitas yang menggambarkan keindahan alam dan keanekaragaman budaya di beberapa tempat di Indonesia. Tak jarang saya meng-capture gambar yang ada di sana untuk dijadikan wallpaper di smartphone atau laptop saya.






Setiap tempat, katakanlah kota, pasti mempunyai tempat – tempat yang menjadi ikonik dan wajib dikunjungi bila sedang berada di kota tersebut atau bisa disebut dengan Point of Interest. Aplikasi Wisata Lokal secara cerdas mengelompokkan berbagai macam POI yang ada di kota atau kabupaten di seluruh Indonesia. Hal ini tentu akan memberikan efektifitas pengguna dalam mencari informasi POI yang ada di suatu kota tanpa harus membuka banyak tab bila pencarian menggunakan browser. Karena itula saya berani memberikan TIGA BINTANG untuk Aplikasi WIsata Lokal. Selain karena POI yang diberikan Wisata Lokal lengkap berasal dari berbagai kota di 34 provinsi, ada beberapa keunggulan lain yang ditawarkan Wisata Lokal yang tidak hanya sekedar menyajikan daftar POI. Apa saja keunggulannya ?

Map

Halaman POI yang disajikan Wisata Lokal memberikan alternatif untuk menampilkan peta tujuan POI. Tentu hal ini akan sangat membantu untuk menentukan jenis transportasi yang akan digunakan, dan estimasi waktu untuk mencapai tujuan, sehingga pengunjung dapat memanajemen waktu dengan baik untuk berkunjung dari satu tempat ke tempat lain dengan mudah dan cepat. POI dapat dilihat dengan cara memilih logo salah satu provinsi yang ada di halaman navigasi province, atau dengan cara cepat yaitu melakukan pencarian langsung di menu pencarian dengan memasukkan kata kota atau objek wisata (POI) yang akan di cari. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar.









Image’s
Semua bermula dari mata, kecintaan seseorang akan suatu hal bermula dari mata yang melihat akan suatu keindahan. Fitur image’s pada aplikasi Wisata Lokal akan menampilkan berbagai gambar POI yang diambil dari berbagai sudut. Gambar – gambar menakjubkan POI berasal dari kontribusi pengguna - pengguna Wisata Lokal yang aktif lainnya untuk berbagi gambar yang diambil dengan meng-upload ke aplikasi Wisata Lokal. Apakah kita juga bisa ikut berkontribusi dengan meng-upload gambar POI ? tentu bisa ! cara nya dengan meng-klik simbol plus yang ada di sudut kanan bawah POI, pilih upload image, kemudian pilih gambar yang akan di upload disertai nama gambar beserta deskripsinya. Tunggu proses upload hingga selesai. Untuk mengecek apakah gambar telah sukses di-upload, klik bagian image's dan cek pada daftar akhir gambar. 


Review
Fitur review tentunya wajib ada untuk aplikasi rekomendasi pencarian objek wisata. Aplikasi Wisata Lokal sudah memenuhi kebutuhan tersebut. Hingga saat ini team pengembang aplikasi Wisata Lokal terus mengumpulkan berbagai sumber seperti buku, cerita pengalaman langsung, dan internet untuk menambah jumlah review Semua pengguna dapat berkontribusi dengan memberikan review terhadap POI yang ada di suatu kota. Adapun cara untuk menambahkan review POI yaitu dengan memilih button review, kemudian tulis review POI. Tulis review dengan sebaik mungkin, gunakan kalimat yang ringan dan persuasif sehingga siapapun yang membacanya tertarik untuk mengunjungi POI tersebut. Sebagai contoh saya memberikan review mengenai Jembatan Ampera yang ada di kota Palembang. Oh ya, sebelum review, berikan rating POI terlebih dahulu ya...



Share
Aplikasi Wisata Lokal melengkapi keunggulannya dengan fitur share. Semua pengguna Wisata Lokal memungkinkan penggunanya untuk berbagi mengenai POI suatu tempat yang mungkin tidak semua mengetahuinya agar tertarik untuk mengunjungi POI suatu tempat. Hanya dengan menekan button share, pilih media yang akan digunakan untuk berbagi, baik melalui email, bluetooth, media sosial, dan lainnya. Sebagai contoh saya share melalui media SMS. TIPS : Bila ingin berbagi ke media sosial seperti Facebook atau Twitter namun tidak ada di pilihan media share, silahkan download terlebih dahulu aplikasi Facebook atau Twitter di Playstore.


Wish List and Report
Aplikasi Wisata lokal ibarat asisten pribadi yang menyimpan informasi apa yang menjadi harapan kita dan yang tidak kita harapkan.Wisata Lokal menyuguhkan fitur unggulan lainnya yaitu Wish List.  Fitur Wish List memungkinkan pengguna untuk menyimpan informasi mengenai POI yang menjadi harapan yang suatu saat nanti akan dikunjungi. Wish List akan tersimpan dan dapat dilihat kembali pada menu navigasi profil. Selain Wish List, fitur terakhir yang menjadi kontrol terhadap informasi yang tidak dapat di pertanggung jawabkan kebenarannya,dengan kata lain informasi yang diberikan tidak sesuai kenyataan, atau memuat konten berpotensi SARA atau pronografi, user dapat menggunakan fitur ini untuk melaporkan informasi yang tidak benar langsung ke pengembang Aplikasi Wisata Lokal. Fitur Report ini sangatlah penting sebagai kontrol informasi, agar informasi yang ada dapat terus di pantau kualitasnya.





       Salah satu elemen penting dalam melakukan sebuah perjalanan selain akomodasi adalah dimana nantinya kita akan berteduh untuk beristirahat. Penginapan merupakan sarana wajib yang harus dipikirkan karena tidak semua penginapan dapat memenuhi apa yang kita ingingkan baik dalam hal fasilitas maupun harga yang ditawarkan, terutama buat para backpacker yang menginginkan penginapan yang tidak terlalu mewah namun cukup nyaman untuk beristirahat dengan harga yang tidak menguras kantong.
Lagi – lagi Wisata Lokal memberikan sarana bagi para penggunanya untuk dapat melakukan pencarian penginapan sesuai dengan kebutuhan dan budget penggunanya. Hal ini dikarenakan Wisata Lokal telah mengrintegrasikan menu pencarian hotel dengan menjalin afiliasi kepada situs pencarian hotel atau penginapan yang tekemuka dan kredibilitasnya sangat baik, yaitu Booking.com (www.booking.com). Cukup masukkan kota yang akan dituju, jadwal tanggal check in dan check out, kemudian pilih hotel atau penginapan sesuai keinginan. Untuk mempermudah pencarian, Booking.com juga menyediakan fitur map untuk pencarian lokasi penginapan dan fitur filter untuk menyaring informasi hotel berdasarkan beberapa kategori seperti harga, nilai bintang, makanan yang ditawarkan, jenis, dan fasilitas yang ditawarkan penginapan atau hotel.Namun ada baiknya selain pencarian hotel, menu pencarian tiket penerbangan dengan menjalin afiliasi pada situs pencarian tiket pesawat yang meledak saat ini dapat ditambahkan.Tanpa ragu, EMPAT BINTANG diberikan untuk Aplikasi WIsata Lokal. 








Dan... yang terakhir... selama penggunaan Aplikasi Wisata Lokal.HAL yang membuat saya paling suka dari Aplikasi Wisata Lokal adalah No Advertisement. Saya belum menjumpai iklan-iklan bertebaran yang menutupi layar, mengingat Wisata Lokal merupakan aplikasi gratis. Memang tidak dapat dipungkiri pendapatan terbesar dari sebuah aplikasi mobile adalah banyaknya iklan yang setiap waktu akan menghantui penggunanya karena datang secara tiba – tiba dengan iklan pop-up nya. Ada lagi yang lebih menyebalkan adalah iklan yang tiba – tiba muncul ketika aplikasi sedang digunakan dan seketika layar penuh dengan iklan. Tingkat #SebalMeter menjadi-menjadi karena tombol close untuk menutup iklan sangatlah kecil. Cukup takjub masih jarang saya menemukan aplikasi berbasis mobile dan GRATIS namun tidak menyematkan iklan didalamnya. Kalau aplikasi berbayar tidak disematkan iklan, itu sudah biasa. Saran saya jika suatu saat aplikasi Wisata Lokal menjalin kerja sama dengan pihak ketiga untuk menyematkan iklan, ada baiknya iklan tidak menutup halaman dan tombol close yang tidak terlalu kecil. 

Finally, LIMA BINTANG untuk Aplikasi WIsata Lokal.Good Job !!! Saatnya memberi rating di Playstore (karena saya pengguna Android) untuk Aplikasi WIsata Lokal. FYI, rating aplikasi Wisata Lokal di Playstore sangat baik, menembus angka 4,5/5 dan komentar - komentarnya juga yang menunjukkan pengguna puas menggunakan aplikasi ini.
Menurut informasi terbaru yang didapat, aplikasi Wisata Lokal akan terus melakukan peningkatan, salah satunya dengan menambahkan fitur budaya untuk menyajikan informasi mengenai tarian dan rumah adat misalnya. SALUT DEH BUAT DEVELOPER-nya ! Aplikasi Wisata Lokal ternyata tidak hanya sebagai sarana pemandu, dan hiburan, namun unsur edukasi pun turut disematkan didalamnya (y). Oh ya, sedikit masukan nih. Kalau bisa juga dimasukkan makanan khas daerah setempat, rasanya kurang lengkap kalau tidak berburu kuliner setempat untuk dicicipi atau untuk dibawa pulang sebagai oleh - oleh. 






Perlombaan Perahu Bidar
Sumber : klik disini

Sumber Referensi : 

PENGALAMAN PRIBADI
Wikipedia
Tempo.co
Wisata Lokal
Aplikasi Wisata Lokal

Link Apps & Website
  • Android Apps                :  http://bit.ly/wisatalokal
  • Windows Phone Apps  :   http://bit.ly/wisatalokalwp
  • iOs Apps                        :  [sedang dikembangkan]
  • Website                         :  http://www.wisatalokal.net
  • Facebook Fanpage       :  https://www.facebook.com/wisatalokal.net
  • Twitter                           : @wisata_lokal

Presented for :


Sumber : klik disini




8 komentar:

  1. Seru banget di Palembang semuanya ada...
    Kapan ya bisa mampir ke situ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ... liburan akhir tahun kayaknya bisa tuh. atau kalau mau lebih seru mendekati hari kemerdakaan tanggal 17 agustus. banyak pesta rakyat :)

      Hapus
  2. Wuih, keren, panjang and grafisnya mantep, perlu banyak belajar nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mas... banyak aspek penilaian, dan banyak juga yang jauh lebih keren termasuk punya gan amir :)

      Hapus
  3. pempek-nya nih yang juara kalo dari palembang :D
    btw informasi tentang wisata lokalnya lengkap banget (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang, beda rasanya kalo makan pempek yang dijual di luar palembang hehe

      Hapus
  4. Wah, perfect nih sajian wisata nya di palembang.
    bener" tertarik ingin mngunjungi kesana :D
    Thanks atas bantuan rekomendasinya yaa..
    btw, Selaamaatt menjd pemenang utama..
    yuhuhu,, Asus Zhenfone 5..
    Nice and Always Succes for You..

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah mas,, iya gak nyangka juga bisa menang. sukses untuk semua nya :)

      Hapus